Senin, 01 Oktober 2012

Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita

Jika mengalami keputihan, sebaiknya jangan menganggap enteng. Memang, gejala keputihan yang normal biasanya dikaitkan dengan fungsi kelenjar di sekitar vagina, mulut rahim, maupun bagian dalam rahim yang menjadi lebih aktif yang diakibatkan hormon.

Keputihan normal biasanya terjadi pada dua minggu setelah haid. Selain itu, ketika seorang wanita dalam kondisi terangsang secara seksual, maka produksi lendir vagina meningkat yang akan membuat vagina menjadi lembab, sehingga memudahkan proses hubungan seksual dan mencegah terjadinya iritasi pada vagina akibat gesekan.

Keputihan dapat berguna untuk membersihkan kotoran yang mungkin menempel di vagina. Jadi, normal jika vagina agak basah. Oia, keputihan juga bisa menjadi tanda bagi kesuburan seorang wanita.

Keputihan yang normal dapat mempunyai ciri jernih seperti putih telur, tidak gatal atau pun bau. Tapi jika lendir tampak lebih kental, berwarna putih susu, hijau kekuningan (seperti nanah), dan mempunyai bau tak sedak serta rasa gatal, maka dapat dikatakan kondisi keputihan nya tidak normal lagi.

Keputihan penyakit disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, maupun virus. Anda harus hati-hati ketika keputihan tak kunjung sembuh. Jangan dibiarkan, apalagi keputihan sering dikaitkan dengan kanker rahim. Segera berobat dan konsultasikan dengan dokter ahlinya.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Slogan itu terdengar klasik tapi benar adanya. Untuk mencegah keputihan penyakit, maka perlu diperhatikan tentang kebersihan, baik itu kebersihan lingkungan, kamar mandi, WC, pakaian dan juga vagina itu sendiri.

Selalu keringkan alat kelamin ketika berkeringat atau setelah buang air menggunakan handuk atau tisu. Dan perlu diketahui, dianjurkan cebok dari arah depan ke belakang untuk mencegah infeksi dari mikro organisme yang berasal dari anus atau dubur.

Dan jika menggunakan WC umum (jika sedang berpergian), usahakan jangan cebok dengan air tergenang (di dalam bak). Pakailah air mengalir dari kran, karena hal tersebut dikhawatirkan air tersebut sudah terkontaminasi dengan jamur candida

Jika yang sudah menikah, hindari hubungan seksual sampai keputihan hilang, dan jika menderita diabetes, usahakan agar gula tetap normal

Pilihlah sabun yang bebas parfum, alcohol, dan bahan kimia agar keseimbangan alami daerah Miss V tetap terjaga.

Sekali lagi, jangan anggap enteng keputihan, karena berbagai penyakit berbahaya seputar rahim bisa timbul karenanya,  seperti penyakit radang panggul, kehamilan di luar kandungan maupun persalinan prematur dan kelahiran bayi dengan berat lahir rendah sampai kepada kanker rahim.







Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar